Perwakilan Galan Kretek Edrik Chandra dalam konferensi pers Gala Catur Emas 2019

MEDAN,(media24jam.com) – Gala Catur kretek kembali menyelenggarakan pertandingan catur, terbuka, melalui event Gala Catur Emas 2019 memperebutkan hadiah 65 juta dan terbuka untuk pecatur amatir, mendapatkan sertifikasi gelar Master, dibina langsung oleh Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI).

“Lebih heboh lagi dengan penyelenggaraaan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini rangkaian Gala Catur Emas 2019 dimulai dengan open tournamen, di 5 Kota di Sumut, yakni Kota Lubukpakam pada pada tangal 8-4 Agustus 2019, Rantau Prapat 6-8 September 2019 Sibolga, 20-22 September 2019 Kabanjahe 27-29 September 2019 kami bergerak hingga ke pelosok-pelosok demi memberi kesempatan kepada masyarakat dari berbagai lapisan, untuk berkompetisi dengan catur yang sudah menjadi budaya masyarakat Sumut,” jelas Edric Chandra perwakilan Galan Kretek saat acara konferensi pers di Hotel Garuda Plaza, Kamis, (25/7/2019) pukul 13.00 Wib.

Lanjutnya, Gala Catur Emas pertama kalinya diselenggarakan Galan Kretek, sejak tahun 2016 namun baru dua tahun terakhir diselenggarakan dengan fokus, pada pengembangan prestasi yang akhirnya menghadirkan Maser-master yang baru lagi, yang sebelumnya konpetisi masih nonmaster, salah satunya bapak Pasti Tarigan, yang merupakan peserta Gala Catur Emas di 2018 dari Kota Binjai.

Pasti Tarigan bangga, dengan Penobatan Gelar Master Catur yang didapatnya.

“Selama lima tahun saya main catur, baru ini saya di Jakarta, tapi belum pernah mendapat gelar Master Catur. Yang dilakukan Galan Kretek sungguh sangat terpuji, sertifikasi ini sungguh sangat penting dan berharga sekali,”ungkapnya.

Dikesempatan yang serupa, regional manager Sumut Joko Sugianto mengatakan, Gala Catur Emas merupakan wujud kepedulian Galan Kretek untuk pengembangan prestasi catur Nasional, yang sebagian besar bibitnya lahir dari Sumut.

“Berkat kejasama dengan Percasi, sejumlah pecatur berbakat bermunculan dan membuktikan kemapuannya dalam berbagai ajang kompetisi baik ditingkat Nasional, bahkan Internasional,”paparnya.

Sementara, ketua harian Percasi Sumut, Feri, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Event Gala Catur Emas 2019.

“Turnamen ini sangat positif terhadap pengembangan prestasi catur yang sejak dulu menjadi andalan dari Sumut. Semakin banyak kompetisi, tentunya semakin banyak melahirkan pecatur handal jadi kita patut mengapresiasi Event yang diselenggarakan setiap tahunnya, dan harus ditingkatkan lagi,” katanya.

Sementara, Edric menambahkan, open tournamen akan diadakan selama tiga hari di setiap Kota, dimulai dengan pertandingan persahabatan carur yang dihadiri oleh 300 pecatur amatir, dan 100 peserta open tournamen memperebutkan hadiah total 6 juta. 9 pecatur rangking teratas dari masing-masing kota yang akan mendapatkan kesempatan bertanding memperebutkan gelar Master pada 9-13 Oktober 2019 kedepan. (erni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here