Malaysia, (media24jam.com) – Memasuki penghujung tahun 2019, negara Malaysia sangat gencar melakukan operasi penangkapan terhadap para buruh migran di negeri ini. Tidak terkecuali, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) juga turut menjadi korban penangkapan oleh para petugas di Malaysia.

Hal itu diungkap oleh, Lebong Ilham, yang merupakan pria TKI di Malaysia, senin (9/12/2019). Ia ditangkap pada pukul 16.32 waktu Malaysia. Tangannya digari oleh petugas yang menangkapnya. Ia menilai perlakuan ini sangat berlebihan.

Dalam siaran live di akun media sosialnya, Ilham, ternyata tidak sendiri. Ada belasan orang yang berada di sebuah mobil tahanan. Didalam mobil tahanan itu juga terlihat pria dan wanita dicampur jadi satu dengan tangan digari. Terdengar juga bunyi serine mobil tahanan yang meraung-raung membawa mereka.

“Buat keluargaku atau siapa saja melihat video ini, doakan aku ya. Aku kena operasi. Mungkin balik kampung, tapi jalannya salah,” kata Ilham saat dibawa dengan mobil tahanan.

Dengan rasa kecewa, Ilham, juga menitip pesan kepada rekan-rekan sesama TKI maupun yang akan berangkat dari Indonesia ke Malaysia. Dalam pesannya itu, ia mengatakan siapapun orang Indonesia agar berhati – hati, karena petugas yang melakukan operasi (razia) di Malaysia menggunakan pakaian biasa.

“Kawan-kawan perantau Malaysia hati-hati ya. Operasi sekarang. tidak pakai baju dinas, pakai baju biasa. Hati-hati semuanya. Ini aku sudah kena. Tolong kabari ke semua ke kawan-kawan,” tutup, Ilham, sambil menunjukan gari dan rantai ditangannya. (handreass)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here