KEPRI, (media24jam.com) – PT. Grace Rich Marine (GRM) akhirnya melaunching Meral Integrated Maritime Industry (Meral Industri Maritim Terpadu). Dalam pengelolaan kawasan terpadu ini, PT GRM menggandeng Investor utamanya, yaitu PT China Comunication Construction (CCC). Perusahaan ini bergerak di bidang kemaritiman, khususnya perkapalan. Investasi dalam pengelolaan kawasan ini bisa mencapai triliunan rupiah.

Acara penting ini dihadiri Bupati Karimun, Aunur Rafiq, beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di kabupaten Tanjung Balai Karimun, Kamis (12/12/2019). Turut hadir beberapa rekanan perusahaan, baik yang ada di kabupaten Karimun maupun kota Batam.

Dengan adanya Meral Industri Maritim Terpadu ini tentunya menjadi kabar baik bagi masyarakat Karimun. Sebab kawasan terpadu ini nantinya akan menyerap 30.000 tenaga kerja (Naker). Dalam kata sambutannya bupati, Aunur Rafiq, sangat mengapresiasi dengan diresmikannya Meral Industri Maritim Terpadu. Namun ia menginginkan agar 70 persen tenaga kerja yang terserap nantinya adalah putra putri daerah.

“Diharapkan saat beroperasi nanti, perusahaan mempekerjakan setidaknya 70 persen putra tempatan dan 30 persen pekerja luar,” ujar Aunur Rafiq. Ia juga menegaskan, akan menyurati PT. CCC terkait porsi penempatan tenaga kerja lokal.

Demi terbukanya peluang kerja seluas-luasnya, Aunur Rafiq, juga mengajak lapisan masyarakat dan yang berprofesi sebagai nelayan dikawasan terdampak, agar segera menyelesaikann sengketa lahannya dengan baik. Apa bila tidak dapat diselesaikan, maka pemerintah siap menjadi mediator dalam penyelesaian sengketa antara warga dengan pihak perusahaan.

Bupati, Aunur Rafiq, juga menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Karimun untuk menjaga dengan baik investor yang masuk. Dengan menjaga kabupaten ini tetap Kondusif, maka investasi asing yang masuk ke Karimun tentunya akan berdampak positif pada ekonomi masyarakat dimasa yang akan datang.

Sementara itu, Johanes Kennedy, selaku Komisaris PT GRM menanggapi positif apa yang sudah menjadi komitmen bupati, Aunur Rafiq. Bahkan ia berjanji akan memperioritaskan penyerapan lapangan kerja bagi putra putri Karimun di Meral Industri Maritim Terpadu. (J.silalahi/mf).
Laporan Biro: Kabupaten Karimun – Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here