KEPRI, (media24jam.com) – Untuk mengurai permohonan paspor yang selalu membludak di kota Batam, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam telah membuka beberapa Unit Pelayanan Pasport disejumlah titik sejak tahun 2019 lalu. Diantaranya di pelabuhan Internasional Sekupang dan kawasan wisata terpadu Harbourbay. Untuk tahun 2020 ini bahkan ada dua unit kantor pelayanan lagi yang akan dibuka, yaitu di daerah Saggulung dan Batu Aji. Daerah ini merupakan titik terpadat di kota Batam yang masyarakatnya membutuhkan pelayanan pasport.

Namun, bukan tidak mungkin aksi percaloan paspor pada umumnya kerap terjadi, bahkan hal itu kerap ada diseluruh kantor maupun unit pelayanan pasport se-Indonesia. Jangan kaget, harga paspor-pun akan melambung tinggi jika pemohon berurusan dengan para calo. Bagaimana cara menangkal aksi percaloan paspor di kantor Imigrasi ?.

Menurut Kepala Unit Pelayanan Pasport Harbourbay Kota Batam, Bagus, saat dikonfirmasi media24jam.com, meyakini di lingkungan kerjanya bebas dari segala aksi percaloan paspor yang berkedok biro jasa. Ia mengaku memiliki cara tersendiri agar masyarakat pemohon paspor merasa nyaman dan mendapat pelayanan prima dari petugas loket.

“Ya sesuai dengan SOP saja kita bekerja. Antrian melalui APAPO, memperketat penjagaan sehingga yang mengajukan permohonan murni dari masyarakat yang sudah melakukan pendaftaran” ujar Bagus. Lanjutnya, ia juga menyarankan kepada masyarakat agar tidak sungkan untuk menginformasikan jika menemukan hal-hal yang mencurigakan.

“Untuk saat ini saya yakin lingkungan kerja kami sudah clear, jika menemukan hal-hal terkait percaloan segera infokan ke kami.¬†Pokoknya jangan sungkan infokan ke kami jika menemukan hal-hal yg mencurigakan,” tegas Bagus. (Handreass)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here