Trowongan Ilegal Milik Grand Mall Batam Penyebab Komplek Marina Park Banjir

0
1910

KEPRI, (media24jam.com) – Kenyamanan masyarakat RT dua komplek Marina Park kota Batam terganggu dan mengeluhkan adanya trowongan buangan air milik Grand Mall Batam yang mengarah ke permukiman warga. Akibatnya, saat hujan turun buangan air Grand Mall menjadi penyebab terjadinya banjir disejumlah blok perumahan tersebut. Banjir terparah sangat dirasakan oleh warga blok V dan W. Air sampai masuk kerumah warga dan perabotan rumah tangga warga ikut terendam banjir.

Banjir kembali terjadi pada, sabtu sore (21/12/2019), saat hujan turun hanya beberapa saat. Besarnya volume air buangan dari terowongan milik Grand Mall Batam sehingga tidak mampu dialiri oleh drainase milik warga komplek Marina Park. Akibatnya air buangan milik Grand Mall itu meluber dan membanjiri rumah warga.

Informasi yang didapat media24jam.com dari beberapa keterangan warga setempat mengatakan, peristiwa banjir kali ini terparah sejak setahun belakangan ini. Air sampai masuk kerumah dan merendam perabotan rumah tangga. Selain rumah warga, bahkan rumah Ketua RT 02 dinilai paling parah terdampak banjir. Air masuk dari depan hingga sampai ke dapur dan merendam berbagai perabotan yang ada didalam rumah. Adanya musibah tersebut, beberapa warga turut membantu untuk menguras air yang masuk ke rumah ketua RT O2.

Sementara itu, dari catatan media24jam.com, blok V dan W komplek Marina Park menjadi langganan banjir saat hujan turun. Hal tersebut terjadi sejak setahun belakangan ini. Adanya terowongan buangan air penyebab banjir milik Grand Mall Batam pernah dilaporkan ke instansi pemerintah yang berwenang. Dalam hal ini pihak Dinas Lingkungan Hidup Pemko Batam. Dari pengakuan warga, terowongan pembuangan air ke permukiman warga itu dibuat dengan sengaja oleh pihak perusahaan. Konon terowongan itu untuk pembuangan air limbah milik Grand Mall Batam. Dalam laporanya, warga meminta agar terowongan tersebut ditutup permanen agar warga blok V, W dan sekitarnya di komplek Marina Park terbebas dari banjir saat hujan turun. Namun pihak DLH faktanya tututup mata atas keluhan warga. Ada apa ?. (handreass)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here