Hindari Klaster Baru Covid-19, Tahanan Titipan Dari Polres Karo Dipindahkan Ke Rutan Klas IIB Kabanjahe

0
299

Keterangan Gambar : Para tahanan setibanya di Rutan Kelas II B Kabanjahe (Foto/Ist)

TANAH KARO (Media24jam.com) – Banyaknya tahanan membuat ruang tahanan Polres Karo semakin penuh, demi mengantisipasi kluster baru Covid-19, sebanyak 39 orang tahanaan titipan yang berada di Polres Tanah Karo begitu juga Polsek Sejajaran Polres Karo terpaksa dipindahkan ke Rutan Kelas IIB Kabanjahe.

Para tahanan itu terdiri dari 37 orang tahanan laki- laki dan 2 orang tahanan wanita, namun sebelum pemindahan itu, Rutan Klas IIB Kabanjahe terlebih dahulu melakukan persiapan berdasarkan protokol kesehatan.

Persiapan itu dilakukan, seperti penyediaan tempat cuci tangan, box steril, hand sanitizer, pengukur suhu tubuh, bahkan ruang isolasi khusus yang telah disemprot disinfektan dan tahanan harus menggunakan masker saat dibawa ke Rutan.

Selain itu harus melampirkan surat kesehatan terbebas dari Covid-19 dan rapid test, pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan saat sebelum masuk Rutan, serta saat memasuki area P2U dilakukan penyemprotan disinfektan terhadap barang dan badan.

Sedangkan barang – barang bawaan tahanan baru di geledah dan di periksa oleh petugas di bantu oleh Catar Poltekip dan Poltekim di Rutan Klas IIB Kanbanjahe.

Tahanan yang baru masuk terlebih dahulu dikumpulkan di Aula dan diberi pengarahan oleh Karutan Kelas II B Kabanjahe, Sangapta Surbakti S.Pd.

Dalam arahannya, setiap narapidana dan tahanan wajib mematuhi tata tertib yang diterapkan didalam Rutan ini sesuai dengan PermenKumham nomor 6 Tahun 2013 pasal 2.

‘Bagi para tahanan baru tersebut dilakukan pendaftaran di bagian registrasi dan juga diperiksa kesehatannya, setelah itu akan dilakukan isolasi selama 14 hari ke depan dengan tetap dilakukan pengecekan kesehatan oleh petugas kesehatan Rutan, baik secara rutin maupun insidentil.”Ujar Surbakti. (Ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here