Ikuti Riau Internasional Fashion Festival 2021 Ketua Dekranasda Batu Bara Sukses Memukau Ratusan Mata Pengunjung.

0
259

Pekan Baru, Media24Jam – Riau Internasional Fashion Festival 2021 merupakan event terbesar di Sumatera dan baru pertama kali diselenggarakan di Living World Pekanbaru, Provinsi Riau, Kamis (1/4).

Ny. Maya Indriasari Zahir saat tampil memukai dengan pakaian songket khas Kabupaten Batu Bara

Kegiatan itu dibuka langsung oleh HJ. Misnarni Syamsuar sebagai penasehat Yayasan Pesona Kreasi Riau dan Ketua Pesona Kreasi Riau Amnah Awaloeddin. Diikuti 21 orang desainer baik dari luar Riau, mancanegara dan desainer lokal Riau dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan berlangsung selama empat hari.

Ketua Pesona Kreasi Riau Amnah Awaloeddin mengatakan, Riau In­ter­national Fashion Festival 2021 ini bertujuan untuk menjadikan Riau pusat fashion di Pulau Sumatera, sekaligus melestarikan budaya Melayu Riau melalui kain tenun dan batik Riau sehingga tenun dan batik Riau dapat digunakan dengan bangga oleh masyarakat Riau dalam kegiatan sehari-hari.

“Selain itu, event ini digelar untuk mempromosikan kain tenun dan batik Riau di kancah Nasional dan Internasional serta merangsang semangat daya saing perancang busana Riau agar tetap produktif dan kreatif sehingga mudah diterima pasar Nasional maupun Internasional. Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat menambah pendapatan UMKM dan perajin kain tenun dan batik Riau ditengah kondisi pandemi saat ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Batu Bara, Maya Indriasari Zahir dalam kesempatan tersebut mengatakan, dalam kegiatan Fashion Festival Riau Internasional ini ia sengaja mengenakan pakaian khas tenun songket asal daerahnya Batu Bara.

“Saya sengaja dengan bangga menampilkan kain khusus tenunan masyarakat Batu Bara ini, dengan harapan, kain- kain songket Batu Bara ini dapat dikenal seluruh masyarakat luas tidak hanya didalam negeri saja, namun harus dikenal mendunia,” jelasnya.

Saat melakukan aksi diatas panggung, Maya Indriasari yang mengenakan pakaian berbahan dasar tenun songket berwarna merah bersama hijab dan penutup mulut ini membuat penonton yang menyaksikan bertepuk tangan melihat penampilannya.

”Terimakasih kepada panitia Fashion Festival Riau Internasional 2021 yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Semoga kegiatan ini menjadi event tahunan dengan harapan, kain-kain songket Indonesia khususnya Batu Bara semakin dikenal banyak orang,” ujar Maya yang juga istri Bupati Batubara Ir. Zahir.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Batu Bara, Ahmadan Chair, S.Sos, M.AP menyebutkan sangat mendukung penuh kegiatan Dewan Kerajinan Nasional Batu Bara yang dipimpin langsung Ibu Maya Indriasari Zahir dalam ajang Fashion Festival Riau Internasional 2021 di Pekan Baru.

“Kegiatan ini baru pertama kalinya digelar dan bertaraf setingkat internasional dalam rangka untuk mempromosikan dan memperkenalkan kain tenun khas Indonesia salah satunya tenunan dan batik jumput berasal dari Kabupaten Batu Bara provinsi Sumatera Utara,” jelasnya . (Dwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here