Kepala Sekolah SMPN II Nainggolan, Tingkatkan Program Pembelajaran Dalam Pelatihan Seni Budaya Berbasis Pancasila.

0
132

SAMOSIR (Media24jam.com) – Kepala Sekolah SMPN II Nainggolan Drs.Lumumba Sitinjak, Bersama seluruh Guru Pengajar, gunakan program Tingkatkan Sinerjisitas Pelatihan Seni Budaya Berbasis Pancasila.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitarnya.

Projek penguatan profil pelajar pancasila menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek yang berbeda dengan projek dalam program intra kurikuler dikelas SMP.N II Nainggolan sebagai sekolah mengimpletasikan kurikulum merdeka melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila disatuan pendidikan sebagai program kurikuler ada.

Tiga tema yang dipilih sebagai projek penguatan profil pelajar Pancasila untuk tahun pelajar 2022/2023.

Tema pertama yaitu, ‘Bhinneka Tunggal ika’ dengan topik konflik menjadikanku dewasa sudah terlaksanakan dibulan agustus perayaan HUT RI (17/8/2022).

Tema kedua yaitu, ‘Kearifan lokal dan topik bazar dan pentas seni.’ Tema ini merupakan projek untuk mengangkat kembali makanan khas batak toba dan seni musik tradisional batak toba.

“Projek ini bertujuan sebagai upaya pelestarian budaya batak toba sehingga generasi muda batak mencintai budayanya ditengah arus globalisasi yang tidak terbendung,” ujar Lumumba.

Motto dari pelaksanaan projek ini, ‘IKUTI JAMAN MU JANGAN LUPA BUDAYAMU’.

Kegiatan hari ini sedang digelar 2022 Oktober merupakan latihan musik tradisional sebagian dari projek yang akan berlangsung sampai bulan desember 2022 dan akan ditampilkan dalam bentuk pentas seni.

Projek ini melibatkan semua guru pengajar disatuan pendidikan SMPN II Nainggolan, lintas disipilin ilmu dan peserta didik kelas 7 tahun pelajaran 2022/2023 yang akan datang.

“Semoga saja peserta didik disatuan pendidikan SMPN II Nainggolan sukses dalam melaksanakan projek ini dan kelak bisa menjadi pelajar pancasila yang dicintai budayanya sebagimana yang diharapkan dalam pendidikan nasional,” ujar Kepala Sekolah SMPN II, Drs Lumumba Sitinjak. (rop.blr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here