Puskesmas Lubuk Baja Batam, dr Agnes: Ayo Lawan Virus Corona !. Ini Caranya

0
1831

KEPRI, (media24jam.com) – UPT Puskesmas Lubuk Baja Kota Batam mengajak masyarakat melawan Virus Corona asal kota Wuhan China yang kini sedang menghebohkan dunia. Dalam acara sosialisasi kepada masyarakat, UPT Puskesmas Lubuk Baja Kota Batam bekerjasama dengan pihak kelurahan Batu Selicin, Babinsa, perangkat RT/RW, kader posyandu, dan ibu-ibu PKK Batu Selicin, Selasa (28/1/2020).

Pengamatan media24jam.com dalam kegiatan tersebut, Kepala UPT Puskesmas Lubuk Baja, dr. Agnes Sintalia Saing, MKKK, menghimbau masyarakat untuk tidak panik. Namun ia tetap mengajak masyarakat tetap waspada dan melawan teror Virus Corona itu.

Ia juga menjelaskan, pada intinya semua virus itu sama baik virus HIV, Hepatitis, maupun Corona. Yang membedakan hanya masa inkubasinya. Misalnya virus HIV yang masa inkubasinya bisa sampai 90 hari sejak terinfeksi. Sedangkan virus Corona masa inkubasinya bisa mencapai 14 hari.

“Cara kerja virus semuanya sama. Yaitu menyerang sistem kekebalan tubuh. Kalau daya tahan tubuh kita kuat virus akan kalah dan tidak dapat menyerang tubuh kita,” tegas dr. Agnes.

Agar terhindar dari serangan virus, sebaiknya masyarakat memperbanyak makan buah-buahan dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat tentunya daya tahan tubuh akan menjadi kuat untuk melawan segala penyakit.

“Cucilah tangan sebelum menyentuh makanan,” saran dr. Agnes. Lanjutnya, gejala suspek virus Corona mirip dengan virus flu burung. Yang membedakan hanya peroses penularannya. Jika flu burung penularannya antara hewan ke manusia, sedangkan virus Corona dari hewan ke manusia dan ketika virus sudah masuk ke tubuh maka penularannya akan terjadi antara manusia ke manusia.

Jika ada masyarakat kita yang mengalami demam, batuk, dan sulit bernapas, itu belum tentu warga kita terjangkit virus Corona. Harus dilihat dulu riwayatnya, dari mana dan melakukan kontak dengan siapa saja. Namun demikian, dr Agnes, menyarankan kepada masyarakat untuk selalu memeriksakan diri ke rumah sakit, Puskesmas, ataupun klinik kesehatan terdekat. (handreass)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here