RSDK Covid-19 kota Batam Beroperasi Siap Layani Pasien se-Indonesia

0
574

KEPRI (media24jam.com) – Meski sempat tertunda, akhirnya satu lagi Rumah Sakit Darurat Khusus (RSDK) pengendalian virus Corona Covid-19 di Indonesia telah resmi beroperasi, Senin (6/4/2020), di Kelurahan Sei Jantung Pulau Galang, kota Batam Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Keberadaan RSDK Covid-19 yang beroperasi ini, juga untuk memperkuat RSDK Wisma Atlet Kemayoran Jakarta dalam pengendalian dan pelayanan medis bagi pasien ODP, PDP, dan khususnya pasien positif virus Corona Covid-19. RSDK pulau Galang kota Batam ini akan siap melayani pasien Corona se-Indonesia.

Hingga saat ini tercatat, baru dua RSDK pengendalian virus Corona Covid-19 yang resmi beroperasi di Indonesia. Sebelumnya, para pasien yang terjangkit virus Corona Covid-19 di Indonesia hanya dititipkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dengan pelayanan medis tidak optimal dan mengecewakan. Dengan adannya RSDK ini dipastikan para pasien akan mendapat pelayanan dan tindakan medis yang cermat dan maksimal.

Dalam kunjungan di RSDK Pulau Galang Kota Batam, Rabu (1/4/2020) yang lalu, Presiden RI Joko Widodo, mengakui tertundanya pengoperasian RSDK ini disebabkan oleh terlambatnya kedatangan perlengkapan alat kesehatan yang di butuhkan. “Karena faktor cuaca,” katanya.

Sementara itu, RSDK di pulau Galang kota Batam memiliki 20 ruang isolasi ICU dan 30 non ICU. Juga memiliki 340 ruang rawat, sehingga RSDK ini mampu menampung 1000 pasien Corona. Selain itu ada 200 tim medis dan relawan yang bertugas disini. Menariknya, di RSDK Covid-19 kota Batam dilengkapi Helipat dan dermaga, sehingga sewaktu-waktu dalam melakukan evakuasi emergency dapat menggunakan helikopter dan kapal cepat. RSDK ini diklaim telah memenuhi standar dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Awal tujuan dibangunnya RSDK Pengendalian virus Corona Covid-19 di pulau Galang kota Batam ini, konon sebagai upaya antisipasi masuknya virus Corona jenis Covid-19 yang menulari para migran Indonesia ketika pulang ke tanah air, khususnya belasan ribu TKI yang kini telah bersiap -siap pulang melalui pintu-pintu pelabuhan yang ada di Provinsi Kepri. (handreass)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here