Satpol-PP Tertibkan Lapak PKL di Pasar Beringin

0
248

GUNUNGSITOLI (Media24jam.com) – Pemerintah Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, menertibkan puluhan lapak liar milik pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Beringin. Penertiban dikomandoi Wakil Walikota Gunungsitoli, Sowa’a Laoli.

Personil Satpol-PP Kota Gunungsitoli, dibantu excavator merobohkan satu persatu lapak liar yang dinilai menimbulkan kesemerautan di Pasar Beringin, Selasa (13/4/2021).

Selain itu, petugas turut merobohkan bangunan tambahan seperti atap dan tenda pada kios serta los permanen yang sebelumnya telah dibangun pemerintah daerah.

Usai merobohkan, petugas langsung mengamankan papan, kayu, dan seng yang digunakan PKL mendirikan lapak liar.

Ditemui wartawan, Sowa’a menjelasakan bahwa penertiban lapak liar sebagai bentuk upaya pemerintah daerah menciptakan Kota Gunungsitoli yang aman dan nyaman.

Sowa’a menerangkan, sebelum menertibkan jauh hari pemerintah daerah dan pedagang berkomitmen untuk menjaga kebersihan, keindahan, dan ketertiban dengan tidak mendirikan lapak liar.

Akan tetapi, kesepakatan diabaikan sehingga pemerintah daerah terpaksa mengambil tindakan tegas dengan merobohkan lapak liar tersebut.

“Hari ini pemerintah menertibkan lapak yang dinilai menimbulkan kesemerautan. Penertiban melibatkan Satpol-PP, Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan, serta Dinas Lingkungan Hidup”, kata Sowa’a.

Menurut Sowa’a, PKL yang terdampak penertiban akan direlokasi pemerintah daerah ke Pasar Eks Terminal Lama Gunungsitoli, di Jalan Diponegoro, Kelurahan Ilir, Kecamatan Gunungsitoli.

“Saya berharap, PKL mematuhi ketentuan yang disepakati beberapa waktu lalu. Pemerintah daerah telah menyediakan tempat baru, PKL diminta untuk berjualan di sana”, ujar Sowa’a.

Diakhir bicaranya, Sowa’a menyebut bila PKL masih membandel maka pemerintah daerah tidak segan-segan melakukan tindakan lebih tegas seperti mengamankan barang dagangan.

“Mari bersama mewujudkan Kota Gunungsitoli menjadi kota yang bersih, indah, dan tertib. Saya menghimbau, agar PKL jangan mendirikan kembali lapak liar di Pasar Beringin”, pungkas Sowa’a. (Ris/Yos)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here