Tangkal Radikalisme, Forkopimda Tanah Karo Jalin Kerjasama Dengan Tokoh Agama

0
334
TANAH KARO (Media24jam.com)  – Guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif dan membahas langkah langkah menanggulangi adanya faham Radikalisme, Forkopimda Kabupaten Karo ajak Tokoh Agama jalin kerjasama, Rabu (31/3) sekira pukul 15.00 wib di Aula Pur pur Sage Mapolres Tanah Karo Jalan Vetran Kabanjahe.
Dalam kesempatan itu, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo SH SIK, dihadapan para undangan yakni Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang, Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto, S.Sos, Modramen GBKP, BKAG, MUI, FKUB, Budha, Hindu, PC NU, Muhamadiah, Alwasliyah, Kakan Bakesbang Polinmas  Karo, Kemenag Karo mengharapkan agar peran tokoh agama untuk peduli dan merespon apabila ada masyarakat yang masuk ke wilayah Tanah Karo.
Selian itu, Yustinus juga meminta agar Para Tokoh Agama menghimbau dan mengajak umat masing masing supaya bersama sama menolak paham radikalisme dan mengutuk tindakan terorisme.
“Mari kita bersama untuk merawat ke Bhinekaan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Karo ini dan begitu juga  menjaga ketentraman di tengah-tengah masyarakat dan tidak mudah terprovokasi dari pihak lain,” Pinta Yustinus.
Kita harus bersama – sama menjaga pola kekerabatan di Tanah Karo yaitu merga silima, rakut sitelu, tutur siwaluh, perkaden kaden sepuluh dua tambah sada, sambungnya.
“Dalam hal ini, Polri bekerjasama dengan Kodim 0205/TK dan Pemkab Karo siap memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam melaksanakan kegiatan ibadah.” pungkasnya.
Senada dengan itu, Wakil Bupati Karo  Cory S Sebayang dalam sambutannya juga meminta kepada tokoh agama bersama sama dengan masyarakat menjaga situasi sehingga wilayah Kabupaten Karo aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat.
“Kita harus tetap menjalin persatuan satu sama lainnya demi  terciptanya situasi yang kondusif.” Tutupnya.
Berbeda dengan Kapolres dan Wakil Bupati, Dandim 0205 / TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto S.Sos, menyampaikan bahwa terororisme tidak memiliki agama dikarenakan tidak ada agama yang mengajarkan berbuat buruk kepada orang lain.
Untuk itu dibutuhkan peran besar dari Tokoh tokoh agama untuk mengajak umatnya menjaga toleransi beragama ,kita bersama sama menjaga kegiatan ibadah di wilayah  Kabupaten Karo agat tercipata situasi yang nyaman dalam melaksanakan ibadah, sebutnya.
Menanggapi himbauan dan harapan itu, Ketua MUI Kabupaten Karo selaku perwakilan Tokoh Agama Islam mengaku bahwa keamanan akan terjamin di Wilayah Karo apabila kekompakan antara tokoh agama dan Forkopimda Karo dapat terjalin dengan baik.
Sementara, sambutan dari perwakilan Tokoh Agama Kristen mengatakan bahwa di dalam agama kristen itu tidak ada diajarkan untuk membenci orang yang tidak seiman.
Kita harus saling mendukung dan diharapkan agar pihak keamanan khususnya Polri melakukan rajia terhadap orang yang masuk ke wilayah kabupaten  Karo dan  jangan pernah meyalahkan salah satu agama terkait dengan adanya aksi terorisme. ujarnya dan diamini oleh Tokoh agama lainnya.  (Ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here