23 Warga Keracunan Usai Makan Daging Anjing

0
542

SIMALUNGUN, (media24jam.com) – Sebanyak 23 warga Dusun Kandang Lombu, Nagori Huta Urung, dilarikan ke Puskesmas Tiga Balata, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun. Mereka diduga keracunan usai mengkonsumsi daging anjing.

Martono Manik Gamot Dusun III Kandang Lombu mengatakan pada Rabu (19/2/2020) sekitar 10 orang warga sepakat untuk memotong seekor anjing milik warga setempat marga Sinaga untuk dimakan bersama. Setelah masak lalu mereka memakan daging tersebut.
“Namun pada Kamis (20/2/2020) saya dan beberapa orang teman serta istri dan anak-anaknya yang ikut memakan daging anjing tersebut juga mengalami diare (sakit perut) serta kepala pusing,” bebernya.

Menurut Martono, anjing yang mereka potong dalam kondisi sehat. “Namun setelah dimakan barulah kami mengalami diare, kami juga juga tidak tau apa penyebabnya karena kondisi anjing yang kami potong itu sehat,” imbuh Martono.

Kristianus Naibaho salah seorang warga kepada Media24jam mengatakan warga terpaksa dilarikan ke Puskesmas Tiga Balata untuk pengobatan karena korban yang mengalami sakit perut(mual) dan pusing sudah semakin bertambah. “Sampai saat ini sudah sekitar 32 orang, yakni 22 orang tua dan 10 orang anak-anak, ” ungkapnya.

“Penyebabnya setelah mereka memakan daging anjing bersama-sama pada Rabu lalu, dan Jumat hari ini korban semakin bertambah dan kita langsung rujuk ke Puskesmas Tiga Balata ini untuk segera mendapatkan pengobatan, “tandasnya.

Kepala Puskesmas Tiga Balata dr.Amran Situmorang pasien yang diduga keracunan setelah memakan daging anjing sudah diberikan pengobatan.

“Kita akan pantau sampai benar-benar pulih. Melihat kondisi pasien kemungkinan ada yang rawat inap. Yang jelas kita akan berikan pelayanan kesehatan hingga mereka sehat dan bisa pulang. Hingga saat ini yang sudah kita tangani dan berikan pengobatan sebanyak 23 orang,” ujarnya. (OK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here