Bawaslu Sumut : Pelaksanaan Pilkada Serentak Harus Lebih Baik dari Pemilu 2024

0
101

Medan-Media 24 jam I Bawaslu Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengharapkan agar kesalahan maupun kekurangan yang terjadi selama Pemilu 2024 kemarin tidak kembali terulang pada Pilkada Serentak 2024 nanti.

Harapan itu terungkap di saat Ketua Bawaslu Sumut, M Aswin Diapari Lubis saat membuka Evaluasi Pengawasan Pemilu 2024 dan Strategi Pengawasan Pilkada Serentak 2024 Bersama Stakeholder yang digelar di Grand Antares Hotel Jalan SM Raja, Kota Medan, Provinsi Sumut, Jumat (05/04/2024).

Kegiatan yang dirangkai dengan diskusi yang dihadiri wartawan dan penggiat pemantau Pemilu serta Komisioner Bawaslu Sumut, Payung Harahap dan ditutup dengan berbuka puasa bersama tersebut, Aswin Diapari Lubis juga mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipatif dalam pengawasan.

Sehingga demokrasi di negara kita bisa berjalan dengan jujur tanpa ada kecurangan. “Semoga kegiatan yang kita laksanakan kali ini bisa menambah masukan bagi Bawaslu Sumut demi terciptanya Pemilu yang bersih, “katanya seraya memberikan contoh tentang adanya kesalahan pada saat penghitungan suara yang menggunakan alat penghapus tipe x.

“Pada Pilpres dan Pileg kemarin banyak sekali salah catat dan diperbaiki dengan cara di tipe x ketika penghitungan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kita berharap jika ada kesalahan penulisan hendaknya jangan dihapus dengan tipe x akan tetapi dicoret saja dan diganti dengan yang benar disertai dengan tandatangan/paraf dari petugasnya, “ungkapnya.

Perlu diketahui kegiatan tersebut juga menghadirkan narasumber yakni Henry Sitinjak yang merupakan mantan Komisioner Bawaslu Sumut.(Pul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here