Bupati Samosir Salurkan Bansos untuk Penyandang Disabilitas, Anak Terlantar dan Lanjut Usia Terlantar

0
48

SAMOSIR, MEDIA 24 JAM – Untuk meningkatkan kesejahteraan penyandang disabilitas, anak terlantar dan lanjut usia  terlantar, Pemerintah Kabupaten Samosir memberikan bantuan sosial yang bertujuan membantu pemenuhan sebagian kebutuhan dasar hidup.

Bantuan diserahkan secara langsung oleh Bupati Samosir Vandiko T. Gultom kepada penerima manfaat di Kantor Cabang BNI Pangururan, 28/06.

Turut hadir Asisten I Tunggul Sinaga, Kadis Sosial PMD F. Agus Karo Karo, Camat Pangururan Robintang Naibaho, Pimpinan BNI Cabang Balige Talenta Butar Butar, pimpinan Kantor Cabang BNI Pangururan Diana Aritonang.

Untuk Tahun 2024 Pemerintah Kabupaten Samosir memberikan Bantuan sosial kepada 575 (lima ratus tujuh puluh lima) orang lanjut usia terlantar, penyandang disabilitas dan anak terlantar berupa uang tunai sebesar Rp. 1.200.000,- (Satu Juta Dua Ratus Ribu Rupiah) selama setahun dengan sistem pencairan per semester sebesar Rp. 600.000, melalui mekanisme pencairan non tunai transfer ke rekening masing-masing penerima manfaat.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom menyampaikan bahwa pemberian  bansos sudah direncanakan setiap tahunnya untuk mengurangi beban serta memberi semangat bahwasanya pemerintah hadir ditengah masyarakat terutama lanjut usia, anak terlantar dan penyandang disabilitas.

“Ini program Pemkab. Samosir semoga dapat sedikit membantu. Pemerintah tidak abai tapi memberikan perhatian, kami berharap mohon dimanfaatkan bantuan sebaik mungkin” ucap Vandiko.

Bupati Samosir berharap yang belum terdaftar sebagai penerima dapat mendaftarkan diri pada Dinsos PMD dan bantuan tersebut bisa didapatkan walaupun sudah mendapat bantuan dari pusat.

“Kalau masih ada saudara kita yang belum terdaftar mohon disampaikan agar didaftar untuk menerima bantuan dari Pemkab. Samosir. Kalaupun sudah mendapat program pusat tetapi masih bisa mendapatkan bantuan ini, karena ini merupakan program khusus Pemkab. Samosir” tambahnya.

Lebih lanjut, Vandiko menyampaikan selain memberikan bantuan Pemkab. Samosir juga siap dalam pendampingan UMKM, hal ini sebagai bentuk dorongan dan motivasi bagi penyandang disabilitas, anak terlantar dan lanjut usia terlantar, “Semangatnya juga jangan  kalah dengan yang lain, Pemerintah hadir dan siap dalam pendampingan UMKM” kata Vandiko memotivasi. Kadis Sosial PMD F. Agus Karo Karo menjelaskan bantuan diserahkan kepada penerima manfaat diluar panti sosial. Bantuan disalurkan setiap tahunnya, Pemkab Samosir sangat memberi perhatian minimal intervensi dalam pemenuhan kebutuhan dasar.

“Bantuan sosial diperuntukkan untuk kebutuhan dasar. Sumber dana murni dari APBD Kabupaten Samosir 2024” ungkap Agus.

Kepala BNI Cabang Balige Talenta Butar Butar mengapresiasi langkah yang ditempuh Pemkab Samosir memberikan perhatian kepada para penyandang disabilitas, anak terlantar dan lanjut usia terlantar.

Disampaikan dari pihak BNI siap untuk menyukseskan program tersebut.

“Luar biasa support Bupati Samosir semoga dapat dimanfaatkan dengan baik” kata Talenta.(Rop/Blr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here