Guskamla Tangkap 3 Bajak Laut Disekitar Perairan Indonesia-Singapura

0
751

KEPRI, (media24jam.com) – Kawanan bajak laut yang sedang berusaha melakukan perompakan terhadap sebuah kapal motor Vessel (MV) Sam Jaguar berbendera Liberia berhasil disergap dua buah kapal perang KRI Siwar dan KRI Halasan.

Operasi yang dipimpin Komando Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada berhasil menggagalkan aksi tersebut pada hari senin pagi (16/3/2020) disekitar perairan perbatasan indonesia-Singapura

Dari 5 kawanan perompak tersebut tiga diantaranya berhasil ditangkap dan 2 kawanan berhasil melarikan diri dengan menggunakan speed boat berkecepatan tinggi

Dalam konfrensi pernya Danguskamla Koarmada Laksamana Pertama (TNI) Yayan Sofyan mengatakan dua perompak yang kabur tersebut sudah diketahui identitasnya dan tinggal ditangkap.

“Kita sudah kantongi identitas dan domisili keduanya,” kata Laksamana Pertama (TNI) Yayan Sofyan, dalam konfensi persnya

Lebih lanjut dikatakan bahwa kawanan perompak yang beroperasi tersebut diduga warga Indonesia yang berdomisili di Tanjung Balai Karimun.

Selain itu 2 dari tiga perompak yang berhasil amankan merupakan residivis kasus yang sama pada tahun 2015 lalu.

Diceritakan juga bahwa perompak berusaha merompak MV Sam Jaguar yang akan masuk perairan Singapura tujuan pelabuhan Jurong namun diperjalanan Kawanan perompak naik ke atas kapal kargo itu menggunakan tali tambang.

Bahkan tiga orang diantaranya sudah berhasil naik keatas kapal namun belum sempat menguras harta benda korban, aksi kelimanya diketahui KRI Siwar dan KRI Hasalan yang sedang berpatroli di perairan tersebut.

Selanjutnya kasus ini akan dilimpahkan ke aparat kepolisian Polres Karimun untuk ditindak lanjuti. Konfrensi pers yang dilaksanakan di mako Lanal Tanjungbalai itu turut dihadiri Danlanal Karimun Letkol Laut (P) Mandri Kartono, Kapolres Karimun AKBP Yos Guntur dan Kajari Karimun Rahmat Azhar. (J.Silalahi/mf)

Biro: Kabupaten Karimun-Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here