Ketua DPRD Sumatera Utara Dorong Pesanggrahan Bung Karno di Berastagi Menjadi Destinasi Wisata Edukasi

0
22

Berastagi, Media 24 Jam –  Ketua DPRD Sumatera Utara, Sutarto, mengunjungi Mess Sempurna di Desa Lau Gumba Sempajaya, Berastagi, salah satu pesanggrahan Bung Karno di Sumatera Utara, dan mendorong agar tempat bersejarah ini menjadi ikon wisata edukasi bagi masyarakat.

Sutarto, yang didampingi oleh Kepala Pengelola Mess Sempurna, Pahala Siregar, serta perwakilan Biro Umum dan Perlengkapan Setda Pemprovsu Rumani Tarigan Sibero beserta jajarannya, menyatakan keberadaan pesanggrahan Bung Karno di Sumatera Utara penuh dengan nilai historis tentang perjuangan sang proklamator.

“Dalam kunjungan kerja pertama saya ke luar kota setelah dilantik sebagai Ketua DPRD Sumut, saya ingin melihat bagaimana pengelolaan Pesanggrahan Bung Karno yang berada di bawah pemerintah provinsi,” ujarnya pada Selasa (4/6/2023).

Sutarto meminta Pemprovsu untuk memasang papan penanda ‘Pesanggrahan Bung Karno’ di Mess Sempurna, Lau Gumba Berastagi, sebagai penanda ke masyarakat bahwa di tempat tersebut terdapat peninggalan Bung Karno ketika diasingkan.

Selain itu, Sutarto juga mendorong Pemprovsu bersama Beranda Warisan Sumatera (BWS) dan Yayasan Bung Karno untuk menambah koleksi buku, replika benda-benda, foto, dan ilustrasi perjuangan Bung Karno di tempat tersebut.

“Ia mengapresiasi upaya revitalisasi yang dilakukan Pemprovsu atas tiga pesanggrahan Bung Karno di Sumatera Utara,” katanya.

Sutarto menekankan pentingnya peran Pemprovsu dalam mewujudkan wisata edukasi sebagai sumber ilmu pengetahuan bagi para generasi penerus, serta mengupayakan ‘Digital Tourism’ untuk seluruh destinasi wisata Sumatera Utara sebagai strategi efektif dalam mempromosikan potensi pariwisata daerah tersebut melalui berbagai platform, termasuk media sosial.

“Kita ingin Sumut dapat memaksimalkan potensi wisata yang sedemikian besar sehingga dapat menambah PAD dan kesejahteraan masyarakat, terutama para pelaku wisata dan UMKM kita,” tambahnya.(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here