Maret 2020- Polda Kepri Buka Pendaftaran Calon Bintara

0
1160

KEPRI, (media24jam.com) – “Polda Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) membuka pendaftaran calon Bintara pada Maret tahun 2020. Untuk itu, bagi putra putri yang berada di Kepri agar segera mempersiapkan diri mulai sekarang”.

Demikian yang disampaikan Karo SDM Polda Kepri, Kombes Pol. Djoko Susilo, S.I.K, kepada masyarakat komplek Happy Garden kota Batam yang diliput media24jam.com, Jumat (14/2/2020).

Dikatakannya, Polda Kepri telah mensosialisasikan adanya pendaftaran calon Bintara ini sudah sejak lima bulan yang lalu secara dor to dor kepada seluruh masyarakat di provinsi Kepri.

“Bapak-Bapak yang anaknya ingin mendaftarkan anaknya sebagai calon Bintara, segera mempersiapkan diri mulai sekarang,” himbau Djoko Susilo. Lanjutnya, untuk penerimaan calon Bintara di tahun 2020 ini ada sebanyak 240 orang. Jadi ada peningkatan jumlah penerimaan calon Bintara dibanding tahun 2019 yang lalu, yaitu 165 orang.

Dia juga mengatakan, selain memiliki fisik yang sehat dan memenuhi syarat, ada prioritas bagi calon Bintara yang memiliki kelebihan. Misalnya calon Bintara berlatar belakang pendidikan perkapalan, akan di prioritaskan secara khusus di Polda Kepri. Namun tingkat kelulusannya nanti ditentukan oleh Mabes Polri.

“Ada prioritas yang kami lakukan. Misalnya yang berlatar belakang pendidikan perkapalan pasti diterima. Namun penentuan kelulusannya di tentukan oleh Mabes Polri. Berapa jumlah calon Bintara yang di butuhkan. Kalau jumlah calonnya berlebih, nanti akan di pilih berdasarkan nilai rangking tertinggi saat menjalani ujian phisikotes,” ungkapnya.

Djoko Susilo, juga mengatakan, ada hal yang menarik pada penerimaan calon Bintara yang beragama muslim. Sesuai arahan Kapolri, calon Bintara yang hapal (Hafiz) 10 Juz ayat Al-Quran, akan diprioritaskan lulus sebagai calon Bintara Polri.

“Jadi kalau ada putra putri yang telah memenuhi syarat, baik pendidikan dan fisiknya, kalau dia bisa Hafiz Al-Quran 10 Juz saja, akan diprioritaskan lulus calon Bintara. Dan ini arahan dari bapak Kapolri kita,” ungkap Djoko.

ia juga menegaskan, untuk pendaftaran calon Bintara ini tidak pakai uang. Bagi calon yang mengikuti phisikotes nanti adalah nilai murni. Artinya, saat itu mengikuti ujian, saat itu pula nilainya keluar. Jadi ini merupakan kabar bahagia bagi putra putri di Provinsi Kepri. Dan masyarakat di Provinsi Kepri yang butuh informasi pendaftaran calon Bintara di wilayah hukum Polda Kepri, silahkan konfirmasi ke Kapolsek atau Babinkamtibmas Polri yang ada di wilayahnya masing-masing. (handreass)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here