Mediasi Buntu ! Warga Meral Barat Ancam Blokade PT Karimun Granite

0
790

KEPRI, (media24jam.com) – Mediasi kompensasi terkait polusi debu Sandblasting antara PT. Karimun Granite (KG) dengan warga Pasir Panjang Meral Barat Kabupaten Karimun berakhir buntu, Selasa (25/02/2020).

Mediasi yang digelar di aula kantor kecamatan turut dihadiri camat Meral Barat, Ginting, Lurah Pasir Panjang, Kapolsek Tebing, Agus selaku Direktur PT KG , instansi pemerintah terkait dan masyarakat Meral Barat yang menjadi korban terpapar debu Sandblasting.

Dalam pertemuan penting ini, warga menuntut kompensasi dari pihak PT KG. Yang paling utama yaitu, mengefektifkan program pemberdayaan masyarakat, perbaikan sekolah, dan penanganan polusi udara yang disebabkan oleh debu Sandblasting hasil aktifitas di PT KG.

Diliput media24jam.com, pertemuan dengan agenda mediasi ini juga sempat memanas saat warga menilai pihak PT KG telah melanggar komitmennya sendiri. Adanya komitmen itu ketika pembahasan amdal di hotel Alisan beberapa waktu lalu.

Dalam mediasi ini warga mengungkapkan kekesalannya. Hal ini disebabkan adanya hak-hak masyarakat yang telah lama diabaikan oleh PT KG. Misalnya soal pencemaran udara yang disebabkan debu Sanblasting. Debu tersebut sangat mengganggu dan berpotensi merusak kesehatan masyarakat. Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA), TBC dan Iritasi Kulit, adalah ancaman bagi masyarakat saat ini.

Sementara itu, pihak PT KG mengakui tidak bisa berbuat apa-apa soal debu Sandblasting. Hal itu disebabkan oleh kencangnya angin yang menerbangkan debu tersebut sehingga terjadi pencemaran udara diwilayah Pasir Panjang. Pihak PT KG juga berkeyakinan jika aktifitas perusahaan telah sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku.

Sementara itu, agenda mediasi hari ini tidak membuahkan hasil, dan tetap buntu. Mediasi akan dilanjutkan pada, Jumat (28/02/2020) pukul 14.00.Wib. konon, warga tetap mempertahankan tuntutannya. Jika tuntutan tidak di penuhi, maka warga akan melakukan blokade seluruh aktifitas kegiatan di PT KG. (j.silalahi/mf).
Kantor Biro: Kabupaten Karimun-Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here