Plt Wali Kota Pematangsiantar Yakin Pembentukan Agen Sumut Link Berikan Dampak Positif Bagi Masyarakat

0
82

SIANTAR (Media24jam.com) -Pembentukan Agen Sumut Link diyakini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Pematangsiantar, baik dari segi perekonomian, kesejahteraan, maupun kemampuan Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar untuk menyelenggarakan pemerintahan dan melaksanakan pembangunan yang lebih baik lagi.

Demikian disampaikan Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA saat menghadiri acara Launching dan Penetapan Agen Sumut Link Kota Pematangsiantar. Launching dilaksanakan di Ruang Serbaguna Bappeda Kota Pematangsiantar, Rabu (20/7/2022) sekitar pukul 14.00 WIB.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kota Pematangsiantar Masni menerangkan, dasar pelaksanaan kegiatan tersebut yakni Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik serta Keputusan Wali Kota Pematangsiantar Nomor 900/641/VI/WK-THN 2022 tentang Penunjukan Agen Sumut Link sebagai Petugas Pendistribusian Surat Pemberitahuan Pajak Terutang dan Pemungut Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan Tahun Pajak 2022 Kota Pematangsiantar.

Sedangkan latar belakang pembentukan Agen Sumut Link dilatar belakangi upaya Pemko Pematangsiantar untuk meningkatkan kualitas pelayanan perpajakan daerah kepada masyarakat dengan cara pendistribusian SPPT PBB-PB secara cepat dan tepat sasaran;
kebijakan Pemko Pematangsiantar untuk memberdayakan masyarakat sebagai aktualisasi Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas; intensifikasi pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan di Kota Pematangsiantar; dan implementasi pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dalam rangka Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah.

Dilanjutkannya, maksud penyelenggaraan acara ini untuk memberi kepastian hukum, sosialisasi, dan publikasi eksistensi Agen Sumut Link Kota Pematangsiantar. Sementara tujuannya sebagai tonggak dimulainya pemberdayaan masyarakat untuk mengambil peran bersama Pemko Pematangsiantar dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui pembayaran secara elektronik dan digital.

Menurut Masni, kegiatan tersebut
difokuskan pada pelantikan Agen Sumut Link Kota Pematangsiantar yang secara keseluruhan berjumlah 144 agen. Namun karena mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan, maka dibatasi hanya 64 agen yang mewakili agen secara keseluruhan.

Kegiatan ini, lanjutnya, terlaksana atas kerja sama BPKD Pematangsiantar dengan PT Bank Sumut sebagai fasilitator.

“Pemerintah Kota Pematangsiantar dalam hal ini Badan Pengelola Keuangan Daerah menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap pihak yang telah mensukseskan acara ini. Semoga dengan pembentukan Agen Sumut Link Kota Pematangsiantar mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Kota Pematangsiantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” katanya.

Baca ini juga :  Vaksinasi Sinovac Tahap Dua di DPRD Kota Batam Berjalan Sukses

Kepala Pemasaran Bank Sumut Cabang Pematangsiantar Hadi Sucipto mengucapkan terima kasih kepada Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA.

“Ini merupakan kolaborasi dan kerja sama yang baik antara Pemko Pematangsiantar dengan Bank Sumut dalam hal peningkatan pendapatan dari pajak,” sebutnya.

Selain itu, lanjutnya, yang terpenting bagi Bank Sumut dapat melahirkan program dalam membantu masyarakat dan Pemko Pematangsiantar. Karena dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi Agen Sumut Link dan menciptakan lapangan kerja.

“Kita patut berbangga ini merupakan yang pertama bagi Bank Sumut di Sumatera Utara merekrut Agen Sumut Links terbanyak dan ini merupakan prestasi kita bersama. Jadi dengan kehadiran program Agen Sumut Link, kita berharap pada akhirnya menjadi pendapatan masyarakat, memudahkan masyarakat dalam bertransaksi, dan menambah titik-titik lokasi pelayanan perbankan. Bagi pemerintah, menjadi salah satu cara kita meningkatkan pendapatan asli daerah dari pajak,” terangnya.

Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA dalam sambutannya menerangkan, visi dan misi Wali Kota Pematangsiantar yang menjadi agenda dan suksesi kepemimpinan adalah mewujudkan masyarakat Kota Pematangsiantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas. Untuk mewujudkan dan mensukseskan visi dan misi tersebut, katanya, ia tidak bisa berkerja sendiri.

“Kami memerlukan keterlibatan semua pihak, terutama masyarakat selaku unsur pemangku kepentingan yang memiliki kepentingan besar dalam hal ini,” ujarnya.

Pembentukan Agen Sumut Link, lanjutnya, merupakan salah satu langkah nyata sebagai bagian dari komitmen untuk mewujudkan masyarakat Kota Pematangsiantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas. Sekaligus sebagai bagian dari upaya mengoptimalkan PAD yang bersumber dari pajak daerah, khususnya PBB perdesaan dan perkotaan.

Agen Sumut Link, katanya, merupakan unsur masyarakat yang diberdayakan untuk membantu pemerintah dalam rangka pemungutan PBB. Sehingga dengan pemberdayaan tersebut, diharapkan menjadi alternatif tambahan penghasilan bagi masing-masing agen yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Karena menurut hemat kami, apabila perekomian masyarakat sudah membaik maka tingkat kesehatan akan mudah diwujudkan karena kami yakin kesehatan juga dimulai dari tingkat kesejahteraan sehingga mampu menghasilkan masyarakat-masyarakat yang berkualitas. Hal inilah yang kami sebutkan sebagai langkah nyata kami untuk mewujudkan visi dan misi Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” jelasnya.

Baca ini juga :  Plt Wali Kota Pematangsiantar bersama Pimpinan OPD Tinjau Outer Ring Road, Berharap Segera Dapat Digunakan

Hal positif lainnya dari pemberdayaan masyarakat, sambungnya, bertujuan untuk mengoptimalkan penerimaan daerah dari sektor PBB yang hasilnya akan berpengaruh kepada meningkatnya pendapatan asli daerah Kota Pematangsiantar.

“Kami yakin dengan pembentukan Agen Sumut Link ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Pematangsiantar, baik dari segi perekonomian, kesejahteraan, maupun kemampuan Pemerintah Kota Pematangsiantar untuk menyelenggarakan pemerintahan dan melaksanakan pembangunan yang lebih baik lagi,” tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Wali Kota Susanti menyampaikan kepada seluruh Agen Sumut Link dan pihak-pihak terkait lainnya, bahwa pembangunan dan kesejahteraan di Kota Pematangsiantar akan terwujud apabila semua bergandeng tangan dan menyamakan persepsi. Sehingga harapan untuk mencapai Kota Pematangsiantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas bisa diimplementasikan.

“Saya bangga kepada Agen Sumut Link, dan saya juga bangga kepada seluruh masyarakat Kota Pematangsiantar yang saya cintai ini. Saya ucapkan terima kasih kepada PT Bank Sumut, camat, lurah, dan semua pihak terkait yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu. Semoga niat baik, kerja keras, dan kerja cerdas kita mampu menciptakan perubahan menjadi Pematangsiantar yang lebih baik,” tandasnya.

Di akhir sambutannya, Plt Wali Kota Susanti menyampaikan sebuah pantun:
meningkatkan pendapatan jadi agenda penting, harus dilaksanakan dengan integritas, hari ini kita lantik Agen Sumut Link, kita wujudkan Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.

Acara dilanjutkan dengan penyematan
secara simbolis Agen Sumut Link. Dilanjutkan penekanan tombol sirene sekaligus launching secara resmi Agen Sumut Link Kota Pematangsiantar.

Turut hadir, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematangsiantar Teuku Munandar, Pimpinan Bank Sumut Cabang Pematangsiantar Suhadi Sembiring beserta jajaran, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Budi Utari Siregar AP, para Staf Ahli dan Asisten Pemko Pematangsiantar, para camat se-Kota Pematangsiantar, dan para
Agen Sumut Link Kota Pematangsiantar. (*/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here