Gelanggang Perjudian Elektronik di Batam Marak Lagi !

0
1543

(Keterangan Foto: Lokasi Gelper Terpopuler di Kota Batam)

KEPfRI, (media24jam.com) – Arena Gelanggang Perjudian Elektronik (Gelper) di kota Batam kembali marak dan makin menjamur. Dibukanya Gelper di kota ini dengan mendompleng New Normal yang diberlakukan pemerintah kota Batam sejak 15 Juni 2020 yang lalu. Keberadaan Gelper bukan lagi menyasar turis manca negara, namun mirisnya kini warga lokal yang telah menjadi korban para bandar judi. Hal ini tentunya berefek pada rusaknya sendi-sendi ekonomi bagi masyarakat kota Batam.

Hasil pengamatan media24jam.com dilapangan, Keberadaan lokasi Gelper yang beraktivitas di kota Batam diperkirakan mencapai 50 titik yang tersebar di 6 kecamatan. Diantaranya kecamatan Saggulung, Batuaji, Sekupang, Bengkong, Batam Kota dan kecamatan Lubuk Baja. Namun, titik lokasi Gelper terbanyak berada di kecamatan Lubuk Baja, yaitu mencapai belasan tempat.

Keberadaan perjudian Gelper pernah di hearing oleh komisi II DPRD kota Batam, di periode sebelumnya. Dalam hearing yang digelar terungkap, bahwa mesin game elektronik ketangkasan yang beroperasi di kota Batam memang tidak memiliki izin yang di keluarkan Dinas Penanaman Modal-Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Pemko Batam. Artinya, pengusaha tempat hiburan game ketangkasan Elektronik di kota Batam telah melakukan manipulasi mesin game dan telah nyata melanggar perizinan yang diterbitkan DPM-PTSP Pemko Batam. Mesin game yang dioperasikan oleh pengusaha tempat hiburan faktanya sangat kental dengan unsur perjudian.

Dalam hearing tersebut juga terungkap jumlah titik lokasi arena hiburan Gelper di kota Batam. Jumlah-nya ada 50 tempat, dan ada beberapa yang tidak beraktivitas lagi.

Berikut nama perizinan tempat hiburan game mesin elektronik ketangkasan yang dikeluarkan oleh DPM-PTSP Pemko Batam, yang diduga kuat para pengelola telah mengoperasikan mesin game elektronik yang berunsur perjudian, diantaranya:
Golden Game, City Hunter, Utama Zone, Kungfu Game, City Zone Avava, Diamond Club, Master Game, SPZ Zone, Super Sonic, Game Zone Center, SP Zone, Lucky Zone/ Dragon City 2, Sky 88, E-Zone, Sky Light Zone, Dunia Fantasi Anak 2, Zone WW, BMR Game, Stella Indah Zone, Satu Tujuh Game Zone, 666 Game Zone, Pyramida Game, Pradox Box, New Game Zone, Double Dragon, Golden Min, Game Star 88, Sea Gold, dan Game Zone.

Sementara itu, keberadaan Gelanggang Perjudian Elektronik (Gelper) di kota Batam telah dikecam keras oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Bahkan MUI telah mengeluarkan fatwa bahwa, mesin game ketangkasan elektronik di kota Batam adalah berunsur perjudian. Yang menjadi pertanyaan, mengapa mesin perjudian yang beroperasi di kota Batam tidak mendapat perlakuan hukum sesuai pasal 303 KUHP tentang perjudian, dan UU IT ?.(Handreass)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here