Tumbuh dan Berkembang, LPKA Palu Berikan Pelatihan Berkebun bagi Para Anak Binaan

0
28

Palu, Media 24 Jam – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu Kanwil Kemenkumham Sulteng memberikan pelatihan bercocok tanam atau berkebun bagi para anak binaan.

Hal tersebut bertujuan untuk mendukung tumbuh kembang bagi mereka serta memberikan bekal keterampilan saat setelah menjalani masa pembinaan di LPKA Palu, Selasa, (9/7/2024).

Sebanyak 15 anak binaan diberikan kesempatan untuk mencoba mengenal beberapa peralatan berkebun diantaranya, cangkul, semprotan, polybag, pupuk organik dan anorganik, hingga benih yang akan ditanam.

Memimpin kegiatan, Henny selaku Kepala Subseksi Pendidikan dan Bimkemas mengatakan, berkebun memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kesejahterana fisik, mental dan emosional para anak binaan.

Menurut Henny, dengan berkebun memberikan kesempatan para anak binaan belajar langsung serta mendorong mereka untuk menggerakkan tubuh dan mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus, misalnya menggali, memisahkan benih-benih kecil, serta menangani bibit.

“Hari ini kita memberikan pengenalan dan praktik langsung dalam berkebun, tentu kegiatan seperti ini akan terus berlanjut dengan pengawasan dari staf pembinaan dan staf pengawasan,” kata Henny.

Ia juga menuturkan, beberapa benih yang diberikan dalam pelatihan tersebut antara lain, Rica, Tomat dan Sawi. “Perlu keterampilan khusus dalam merawat tanaman tersebut, pada intinya kemauan dalam belajar merupakan poin utaman,” jelasnya.

Senada, Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun mengucapkan terima kasih dan rasa syukurnya atas program pembinaan keterampilan tersebut dihadirkan kepada para anak binaan.

“Semoga dengan keterampilan ini dapat memberikan bekal bagi mereka saat setelah bebas nanti, dan mampu dikembangkan ditengah masyarakat,” harap Revanda.

Menjadi perwakilan anak binaan, AJ mengaku senang karena pelatihan tersebut diberikan. Hal itu dianggapnya sangat membantunya  dalam mengembangkan minat dan bakat dalam bidang berkebun.

“Terima kasih LPKA Palu, walaupun saat ini sedang menjalani pembinaan, kita semua disini tidak henti-hentinya diberikan pelatihan keterampilan dan pembinaan kepribadian,” ucapnya.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar yaitu dalam memberikan pelatihan keterampilan kepada para anak binaan.

Ia juga berpesan agar terus mendorong terciptanya generasi muda yang unggul serta kreatif.

“Mari kita terus mendorong agar terwujudnya generasi muda menuju Indonesia Emas 2045 melalui program pembinaan yang bermutu,” pungkas Kakanwil Hermansyah.(Rel/Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here