BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Medan Gelar Sosialisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Hiburan

0
52

Medan, Media 24 Jam – BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Kota Medan menggelar sosialisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Hiburan. Kegiatan bertajuk Sosialisasi Program dan Peningkatan Kepatuhan Dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kepada Pemberi Kerja/Badan Usaha Tempat Hiburan di Kota Medan tersebut, dihelat di Aula Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Medan, Selasa, 9 Juli 2024.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Jefri Iswanto mengatakan, pihaknya sebagai instansi negara membantu masyarakat dalam hal jaminan sosial dan melindungi dari kecelakaan kerja.

“Dimana tidak hanya penerima gaji. Tapi juga pekerja lepas seperti tukang becak, pekerja bangunan dan lainnya bisa terlindungi dengan nominal yang sangat terjangkau,” jelas Jefri Iswanto saat ditemui usai kegiatan sosialisasi.

Tujuan dari perlindungan itu adalah, untuk memberikan manfaat untuk keluarga. Apabila pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan mengalami musibah kecelakaan ataupun meninggal dunia.

“Jadi kluarga mendapatkan santunan dengan nominal yang sudah ditentukan. Sedangkan anaknya dibiayai pendidikannya sampai kuliah. Yang dicover dua orang anak,” imbuhnya.

Ia berharap, sosialisasi yang dilakukan dapat memberikan pemahaman secara rinci tentang pelindungan bagi pekerja.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Pemko Medan yang diwakili Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Pemko Medan M Ramadhan mengungkapkan, berdasarkan temuan di lapangan masih banyak yang belum memahami manfaat BPJS Ketenagakerjaan.

“Masih banyak yang menganggap ini sebagai beban. Padahal ini memberikan manfaat. Hampir setiap hari kami menerima aduan dan konsultasi tentang ketenagakerjaan. Jadi alangkah baiknya sebelum muncul persoalan, alangkah baiknya kita ikuti dan penuhi aturan dari pemerintah,” jelasnya.

Lebih lanjut diutarakannya, saat ini Pemko Medan sedang melakukan kajian mendalam terkait kemungkinan untuk mengintegrasikan jaminan kematian, jaminan kecelakaan, dan jaminan hari tua ke dalam program-program yang sudah ada.

“Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan peserta BPJS dalam menghadapi risiko-risiko tersebut. Para peserta BPJS Ketenagakerjaan juga diharapkan untuk turut aktif dalam memberikan masukan dan saran terkait penyempurnaan program jaminan ketenagakerjaan ini,” kata M Ramadhan.

“Dengan adanya keterlibatan seluruh pihak, diharapkan BPJS Ketenagakerjaan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan memenuhi kebutuhan ketenagakerjaan serta perlindungan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia,” timpalnya.

Dalam sosialisasi tersebut, turut hadir Rektor unika Santo Thomas Medan Prof. Dr. Maidin Gultom, S.H., M.Hum  Kasubdit Renakta Polda Sumut AKBP P Samosir,  perwakilan serikat pekerja dan pemilik usaha.(Rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here