KPPBC Karimun Ungkap Pompong Bermuatan Barang Tanpa Dokumen

0
613

KEPRI, (media24jam.com) – Sebuah kapal pompong bermuatan barang tanpa dokumen diamankan Tim Patroli Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) kabupaten Karimun. Tim Patroli juga berhasil mengungkap pemilik barang yang memakai jasa pompong tersebut.

Liputan media24jam.com pada siaran Pers humas KPPBC kabupaten Karimun, Bagus, menjelaskan kronologis pengungkapan kasus ini bermula pada Rabu, (26/2/2020), sekitar pukul 20.45 Wib, kapal patroli Bea & Cukai dengan nomor lambung 15034 mendapati sebuah kapal pompong tanpa nama dengan sarat muatan. Lalu tim menghentikan laju kapal pompong tersebut dan memeriksa barang yang dimuatanya.

Dari hasil pemeriksaan didapati barang tanpa dokumen yang memasuki wilayah kabupaten Karimun. Barang tersebut berupa 21 karung Gula pasir dengan berat 50kg, 4 Karung Garam dengan berat 50kg,10 goni beras ketan merk AAA dengan berat 25kg, 20 kotak gula merah super, 20 colly tepung Hunkwee dan barang campuran Lainnya. Kesemuanya tanpa dilengkapi dokumen yang yang sah.

Selanjutnya, kapal pompong dengan barang tanpa dokumen tersebut ditarik dan diamankan ke dermaga KPPBC TMP B Tanjung Balai Karimun, untuk diperiksa lebih lanjut.

Di hari selanjutnya, Kamis (27/2/2020), sekitar pukul 09.00 Wib, barang yang diamankan terdebut dipindahkan ke sebuah gudang milik, Atai, yang di sewa oleh KPPBC. Gudang ini berada di Sei Raya kecamatan Meral Kabupaten Karimun.

Humas KPPBC, Bagus, juga mengungkap siapa pemilik barang tanpa dokumen ini. Dia adalah, RN, masih pemain lama. Tidak lanjut dari kasus ini, pelaku yang melakukan pelanggaran akan dikenakan sanksi adminitrasi dan denda. Pemilik barang berkewajiban membayar ganti rugi kepada negara. (j.silalahi/mf)
Biro: Kabupaten Karimun-Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here