Wali Kota Pematangsiantar Rakor Persiapan Distribusi Logistik Pemilu Tahun 2024

0
300

SIANTAR, MEDIA 24 JAM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar menjadwalkan pendistribusian logistik Pemilu dilakukan di H-2 Pemilu atau Senin (12/02/2024). Hal tersebut merupakan hasil Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Distribusi Logistik Pemilu Tahun 2024 Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar bersama KPU, Bawaslu, Forkopimda, serta pemangku kepentingan pada Pemilu Serentak 2024, di aula Kantor KPU Kota Pematangsiantar, Jalan Porsea, Jumat (09/02/2024).

Rakor dihadiri Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Ir Ali Akbar, mewakili Kapolres Pematangsiantar, Ketua KPU Muhammad Isman Hutabarat, Sekretaris KPU Hermanto Panjaitan, dan para komisioner yakni Nurbaiyah Siregar, Dedy Rahman Harahap, Chucha Ashari, Roy Marsen Simarmata, serta perwakilan Bawaslu Frenki Dermanto Sinaga. “Sesuai hasil Rakor tadi, distribusinya serentak dilakukan di H-2 atau hari Senin,” kata Ketua KPU Muhammad Isman Hutabarat.

Isman menerangkan, sebelum seluruh logistik disalurkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemilihan Setempat (PPS), terlebih dulu dilakukan pelepasan dari Kantor KPU Kota Pematangsiantar, Jalan Porsea. Saat ini, lanjutnya, logistik disimpan di dua tempat, yakni di gudang Jalan Medan Km 4 Kelurahan Pondok Sayur Kecamatan Siantar Martoba, dan di gudang Jalan Parapat Kelurahan Tong Marimbun Kecamatan Siantar Marimbun.

Dalam kesempatan tersebut, dr Susanti melalui Kepala Badan Kesbangpol Ali Akbar, menyampaikan berbagai harapan demi terciptanya Pemilu yang aman, damai, kondusif, dan sukses. “Untuk itu persiapan distribusi logistik Pemilu Tahun 2024 harus berjalan lancar dan aman agar bisa terlaksana dengan kondusif di lapangan,” katanya. 

Ali Akbar juga menjelaskan kesiapan Pemko  Pematangsiantar untuk tempat logistik. “Begitu pun kita hanya menunggu  pendistribusiannya, dengan harapan penyaluran logistik Pemilu 2024 ini berjalan dengan lancar dan kita bisa melaksanakan Pilpres dan Pileg ini tepat waktu,” tukasnya. Ali Akbar juga menyampaikan bahwa dr Susanti mengimbau masyarakat Kota Pematangsiantar agar menggunakan hak pilihnya pada tanggal 14 Februari 2023. “Jangan sampai kita tidak memilih atau golput. Jadi mari kita semuanya ikut memilih. Karena suara kita semua sangat berharga dan sangat menentukan Indonesia ke depan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris KPU Kota Pematangsiantar Hermanto Panjaitan memaparkan, logistik di setiap gudang telah ditentukan pendistribusiannya. Dari gudang di Jalan Medan Km 4 didistribusikan untuk Kecamatan Siantar Martoba, Siantar Sitalasari, Siantar Utara, dan Siantar Barat. Sedangkan dari gudang di Jalan Parapat untuk Kecamatan Siantar Marimbun, Siantar Selatan, Siantar Marihat, dan Siantar Timur. “Rencananya tanggal 12 sampai 13 Februari 2024 pendistribusian logistik Pemilu.

Keseluruhan jumlah TPS sebanyak 796. TPS tersebar di 53 kelurahan, atau di 8 kecamatan yang ada di Kota Pematangsiantar,” terangnya.(fas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here