Bupati Karo Temui Gubsu Bicarakan Jalur Alternatif Berastagi – Lau Gedang

0
515
KABANJAHE, (media24jam.com)  –  Untuk memperjuangkan dan meningkatkan pembangunan  infrastruktur, Pemkab Karo selalu beriniasi untuk membuka akses jalan alternatif  baru, demi memperlancar jalan Medan – berastagi, sebab jalan tersebut sering mengalami kemacetan maupun adanya bencana alam  .
Kepadatan arus lalulintas, maka jalan ini satu satunya penghubung  antara Kabupaten Karo -Medan   dan beberapa kabupaten lainnya, harus rela menunggu berjam jam tiba di tujuan,sehingga membosankan.
Walaupun sudah disuarakan ke pemerintah Pusat terkait pembangunan jalan tol Medan Berastagi, dinilai belum membuahkan hasil, namun hal tersebut Pemkab Karo selalu  menawarkan gagasan dan ide agar dalam mengurai kemacatan lalu lintas  Berastagi – Medan atau sebaliknya,diusulkan  supaya dibuka jalur alternatif Berastagi – Jarang Nguda – Lau Gedang – Sukamakmur-Tuntungan.
Rencana tersebut  disambut banyak pihak  oleh stakeholder, pemangku kepentingan dan social socited, salah satunya forum alumni Menwa Mahatara sumatera Utara, mamfasilitator pertemuan Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, senen (20/1/20) sekira jam 10: 30 wib diruang kerja Gubsu lantai 10 Medan.
Rombongan tersebut terdiri dari Bupati Karo Terkelin Brahmana,  para alumni Menwa MAHATARA Sumetera Utara yang terjadi diri Bupati Serdang bedagai Ir. H. Soekirman, Mitar Pelawi, SH, MM., Prof. Dr.Budiman Ginting, SH, MHum, Prof.Effendi Barus, PHD. Syamsul Rizal Damanik, SE, Ak., Dr.Zulfendri, Mkes, Sabam M.Nainggolan, SPd, Msi, Juhur Damanik, Sag, Muhammad Rum Sitorus, Hasiholan Sidabutar, SE, MM. Suhendro Gunawan, SH. Abdi Santosa Ritonga, SE, MM, Letkol Admin. Marshal, SSos, Msi, dan  Asisten  1 pemerintahan Drs Suang Karo-karo serta Kepala Bappeda Kab. Karo Ir.Nasib Sianturi.
Dalam pertemuan, diungkapkan oleh Bupati Karo bahwa ada jalan alternatif jalur baru Medan berastagi, selain dari Karo-Langkat, Serdang Barusjahe-Delisersang,yakni Berastagi – Lau Gedang – Sukamakmur – Tuntungan Medan.
Jalur ini sudah ditinjau selama dua hari Tanggal  18-19 Januari 2020  oleh bappeda Karo bersama Balai BBPJN II wilayah Medan, untuk melihat keadaan jalur, ternyata jalan existing sudah ada dari Berastagi ke dusun Lau Gedang, baru dari Lau Gedang menuju Sukamakmur masih jalan setapak.
Artinya ini akses yang harus dibuka, jika Gubsu mendukung pembukaan  jalan ini, karena ini masuk wilayah Kabupaten  Deliserdang.
Menurut hemat kami, jalan ini yang harus dibuka berkisar 6-7 kilometer lagi dari Lau gedang  menghubungkan ke desa suka Makmur. Ujar Terkelin menjelaskan kepada wartawan melalui pesan WhasApp yang disampaikan stafnya. .
Pada kesempatan yang sama, Mitar Pelawi, SH, MM selaku pendiri Menwa Mahatara, mengemukakan dalam waktu dekat ini, dirinya bersama alumni Menwa akan melakukan Napak tilas untuk membuktikan jalur ini layak dikemas untuk menghubungkan Medan – Berastagi.
Selain itu, Kami alumni Menwa Mahatara Sumatera Utara, memiliki kewajiban dan tugas untuk memediasi, memfasilitasi dan menghubungkan pihak berkompeten demi pembangunan bagi kepentingan masyarakat luas,kami Menwa Mahatara tampil terdepan,”Tegasnya
Menyahuti tersebut, Gubsu Edy Rahmayadi mengaku baru tahu ada jalan yang dapat  menghubungkan Medan – berastagi, jika akses dibuka, tentu terobosan ini, saya akan dukung sepanjang kepentingan masyarakat .
Untuk itu, saya tugaskan dan silahkan  kordinasi-kan dengan Asisten 3 Bagian Administrasi Umum dan Aset, M Fitriyus terkait pembukaan  jalur alternatif ini, supaya dapat dimonitor dengan OPD terkait, agar segera ditindaklanjuti.”Ujarnya.
Terpisah, Ketua komisi D DPRD provsu Anwar Sani Tarigan angkat bicara dan  mengaku sebelumnya ada berkomunikasi dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana, terkait jalur alternatif Berastagi – Medan, melalui dusun lau gedang kec. Sibolangit – Sukamakmur-Tuntungan Medan.
Sikap komisi D DPRD Provsu, mendengar hal ini tentu memperjuangkan bagaimana dapat terpenuhi jalur alternatif demi mengurai kemacetan lalu lintas, segera ditindaklanjuti, oleh sebab itu dalam waktu dekat ini komisi D DPRD Provsu, sudah menjadwalkan akan meninjau kelapangan di bulan Pebruari 2020 ini bersama rombongan Komisi D DPRD Provsu. “Ujarnya. (Ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here