Kodim 0205/TK, Undang BNNK Karo Gelar Penyuluhan Perangi Narkoba.

0
233
KARO (Media24jam.com) – Penyalahgunaan narkoba diwilayah Kabupaten Karo sangat meresahkan masyarakat, dalam hal ini penanganannya harus optimal agar mata rantai peredarannya  dapat diputus.
Dalam hal ini  Kodim 0205/TK tidak pernah main-main memerangi penyalahgunaan narkoba (narkotika, psikotropika dan Obat terlarang) sesuai dengan instruksi dari Komando atas ataupun dari Pemerintah, Hal tersebut disampaikan  Dandim 0205/TK  Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto melalui Kasdim Mayor Inf D Marpaung pada saat memberikan sambutan dalam kegiatan P4GN yang digelar Jumat (25/6) di Makodim Jalan  Let Jen Jamin Ginting Desa Raya Kecamatan Berastagi.
        Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba, Kodim 0205/TK menghadirkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Karo, dr Rossi Beru Pinem beserta rombongan.
          Kegiatan P4GN kali ini diawali dengan sambutan Dandim atau yang mewakili dengan  menyampaikan keseriusan Kodim  0205/TK dalam rangka memerangi Penyalagunaan Narkoba di lingkungan Kodim 0205/TK dan akan selalu menjalin komunikasi kepada pihak terkait dalam hal ini BNN, baik di tingkat Kabupaten maupun Propinsi.
             Lebih lanjut dikatakannya, Kasdim menekankan kepada seluruh anggota yang hadir agar jangan mencoba, mendekati, memakai apalagi mengedarkan narkoba, karena dalam TNI tidak akan ada  kata ampun terhadap anggota yang terlibat dalam hal ini.
              Bagi  yang terlibat penyalahgunaan narkoba akan mendapat sanksi berat hingga pemecatan, saya harapkan bagi Babinsa yang ada di desanya agar selalu menjaga kesehatan dan memahami apa itu narkoba dan bahaya yang dapat ditimbulkannya.
  •  Saya  juga minta agar seluruh anggota mengikuti penyuluhan dari BNNK Karo ini dengan menyimak secara baik sehingga ada sebagai bekal baik untuk meningkatkan kemampuan personal maupun untuk memberikan pemahaman kepada keluarga maupun lingkungan termasuk Babinsa di Desa Binaannya.” tegas Kasdim.
            Dalam hal ini, nara sumber dari BNNK Karo dr Rossi Beru Pinem memaparkan tentang narkoba atau Napza (narkotika, Psikotropika dan zat adiktif) juga berbagai jenis narkoba serta dampak bahaya yang ditimbulkan.
  •  “Jadi bapak-bapak Babinsa tolong diwaspadai dan selalu dipantau wilayahnya serta selalu berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan aparat Desa.” ujar dr Rossi.
  • “Narkoba sangat berbahaya tidak mengenal dia masyarakat ataupun aparat TNI atau POLRI semua bisa terlibat kedalam penyalahgunaan narkoba. Apabila kita memakai atau mengedarkan barang tersebut akan mengakibatkan ketergantungan, lupa ingatan dan banyak lagi efek yg ditimbulkan, maka dari itu mari kita sama sama memerangi peredaran narkoba, karena akan menghancurkan generasi bangsa.” Ujarnya melanjutkan.
            Perihal  paradigma di masyarakat yang awam biasanya ada keluarga yang sudah memakai narkoba namun tidak melaporkan, ada juga anaknya yang kena atau memakai narkoba dibilangnya kena guna- guna, jadi perlu di sosialisasikan bahwa narkoba sangat berbahaya.
  •  “Jadi kenali narkoba itu bagaimana bentuknya dan awasi anak-anak kita jangan sampai terjerumus, kalau sudah tersangkut narkoba masa depan anak pasti akan suram kita harus memberi contoh yang baik bagi anak anak kita, kita harus sepakat harus mengharamkan namanya Narkoba.”Jelas dr Rossi Beru Pinem
       Koordinator Kegiatan Pasi Inteldim Letda Inf S Sinulingga mengatakan Kegiatan P4GN rutin kita laksanakan untuk menghindarkan anggota dan keluarganya dari penyalahgunaan narkoba dan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait.
Kegiatan kita juga isi pemateri dari Kodim 0205/TK yaitu Kasdim Mayor Inf D Marpaung memberikan penekanan kembali agar seluruh nggota Kodim dan keluarganya menjauhi dan menghindari Narkoba.
  • Selain Penyuluhan kita juga rutin laksanakan test urine sewaktu-waktu untuk mengetahui keterlibatan anggota dalam penyalahgunaan narkoba.Sampai saat ini anggota Kodim 0205/TK masih terbebas dari penyalahgunaan Narkoba.” jelasnya (Ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here