Bea Cukai Batam Diminta Rajin Awasi Perairan Tanjung Riau Terkait Penyelundupan Rokok H Mind Non cukai

0
160
Bea Cukai
Bea Cukai tidak memiliki pos pengawasan di Pelabuhan Rakyat Tanjung Riau. (Insert Foto: Rokok H Mind Non Cukai)

KEPRI I Media24jam.com – Bea Cukai (BC) Kota Batam lazimnya tidak tutup mata untuk menindak tegas aksi penyelundupan rokok non cukai di Pulau Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Rokok non cukai dengan merek H Mind, OFO, XO, Luffman, Rexo, Zen, Ray, selalu di selundup ke luar pulau Batam melalui pelabuhan tikus dan tidak tertutup kemungkinan memakai jalur Pelabuhan resmi.

Baca Juga: Pileg 2024: Tiga Mantan Wartawan Lolos ke Gedung DPRD Kota Batam Periode 2024-2029

Hal itu di sampaikan salah seorang warga Kampung Tua Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang-Kota Batam kepada Media24jam.com, Senin (18/03/2024). Pria anonim yang tidak ingin di sebut namanya itu meminta agar petugas Bea Cukai Batam dapat menindak dengan tegas para pelaku penyelundupan rokok non cukai, khususnya di perairan laut Tanjung Riau.  

“Di perairan Tanjung Riau ini sudah lama di jadikan jalur penyelundupan rokok non cukai ke luar pulau Batam. Herannya kenapa bisa aman-aman saja. Pada ke mana petugas penegak hukum kita. Apa mungkin mereka ikut bermain sehingga aksi penyelundupan rokok non cukai melalui perairan Tanjung Riau ini bisa aman dan bebas,” ujarnya heran. 

Menurutnya, tidak sulit untuk mendeteksi aksi penyelundupan rokok M Mind non cukai di perairan Tanjung Riau ini. Para pemain rokok non cukai ini biasanya melakukan aksi pada malam hari. Aktivitas permainan sangat rapi namun sangat gampang di tebak

“Tunggu saja di depan kawasan kampung tua Tanjung Riau ini. Kalau malam hari ada mobil bok masuk ke kampung tua ini dan menuju pelabuhan rakyat. Bisa di pastikan itu di dalamnya rokok non cukai yang akan di selundup-kan ke luar dari pulau Batam. Ini sebagai informasi dan saya meminta agar Bea Cukai rajin mengawasi aktivitas perairan Tanjung Riau di malam hari,” ujarnya mengakhiri..  

Kinerja Bea Cukai Dipantau Ombudsman Kepri Terkait Penyelundupan Rokok Ilegal

Ternyata , Ombudsman Kepulauan Riau (Kepri) telah lama memantau kinerja Bea Cukai Batam terkait penyelundupan rokok illegal (Non Cukai). Namun hingga saat ini penyelundupan rokok illegal masih kerap terjadi.

Menurut Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kepri, Lagat Parroha Patar S, kepada wartawan beberapa waktu lalu mengatakan banyak mendengar informasi penyelundupan rokok illegal keluar wilayah Batam melalui pelabuhan tikus. Maraknya penyelundupan tersebut seolah lepas dari pantauan pihak petugas Bea Cukai.

“Jadi seharusnya Bea Cukai Batam secara tegas dan konsisten melakukan penegakan hukum. Ombudsmen akan terus memantau upaya apa yang telah lakukan,” tegas Ombudsman RI Perwakilan Kepri.

Sementara itu, sangat mudah mengetahui ciri rokok illegal yang akan di selundup ke luar Batam oleh para mafia. Di antaranya bentuk bungkus rokok polos dan tidak di lekati pita cukai. Ada juga yang di lekati pita cukai palsu maupun pita cukai bekas. Serta parahnya ada juga di lekati pita cukai yang tidak sesuai dengan peraturan dan peruntukan. (Handreas Seru)

Artikel Lainnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here