Jadwal Sidang di PN Karimun Selalu Molor, Ini Sebabnya

0
976

KEPRI, (media24jam.com) – Para keluarga terdakwa yang ingin menyaksikan persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungbalai Karimun kecewa berat. Pasalnya, persidangan yang sudah terjadwal, namun selalu tertunda terus. Akibatnya para keluarga terdakwa harus mengeluarkan tenaga dan biaya ekstra untuk menunggu jadwal sidang yang terkadang digelar sampai malam hari.

Sumber media24jam.com di PN Karimun mengatakan, peristiwa molornya jadwal persidangan di PN Karimun bukan hanya terjadi satu atau dua kali saja, tetapi sepertinya sudah rutin setiap hari.

“Kalau jadwal sidangnya molor, kami harus menunggu sampai berjam-jam. Bahkan harus menunggu dari pagi hingga malam. Rumah kami berjauhan dengan kantor pengadilan ini. Kalau jadwal sidangnya malam, kami terpaksa harus mengeluarkan biaya tidak sedikit,” ucap sumber media ini dengan kesal, Selasa (25/2/2020).

Diungkapkan juga, jika para terdakwa akan disidangkan, pihak keluarganya disuruh datang sekitar Pukul 10.00.Wib. Tapi nyatanya sidang baru dilaksanakan di atas pukul 13.00.Wib. Terkadang-pun sidang baru dibuka setelah selesai sholat Ashar.

Terkait jadwal sidang yang selalu molor terus, Ketua Pengadilan Negeri Tanjunhbalai Karimun, Joko Dwi Atmoko.SH.MH, saat dikonfirmasi media ini mengatakan, hal itu disebabkan oleh minimnya anggaran operasional yang diberikan pusat ke PN Karimun.

Dia juga menerangkan, jika sidang dilakukan pada pukul 10.00 Wib, maka PN Karimun harus menanggung makan siang para tahanan yang menjadi terdakwa. Sedangkan penggunaan anggaran yang diberikan pusat untuk para tahanan hanya bisa bertahan beberapa hari saja.

Persoalan molornya jadwal persidangan bukan saja disebabkan oleh faktor menghindari biaya makan siang para tahanan. Menurut, Joko, hal itu terkadang disebabkan oleh keterlambatan kedatangan para tahanan (Terdakwa) dan dari pihak Kejaksaan.

Sementara itu, tudingan molornya jadwal persidangan disebabkan lambatan kehadiran pihak Kejaksaan dibantah keras oleh seorang jaksa.

“Justru kami selalu tepat waktu, bahkan datang sebelum jadwal sidang. Yang menunda-nunda itu malah dari pihak hakim,” ujar Jaksa yang tidak ingin namanya ditulis. (j.silalahi/ mf)
Kantor Biro: Kabupaten Karimun-Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here